Beberapa Teknik Menyetir Mobil Di Tanjakan

Menyetir mobil di jalan yang menanjak merupakan hal yang kerap kali membuat banyak pengemudi gugup terutama bagi pengemudi pemula. Apalagi ditambah dengan kondisi hujan, kemiringan jalan yang cukup terjal, serta lalu lintas yang ramai pastilah akan membuat seorang pengemudi pemula menjadi tidak tenang. Ini sebetulnya adalah masalah yang umum yang wajar karena berkendara di jalanan menanjak memang butuh ketenangan dan teknik mengemudi yang baik. Hal ini jauh berbeda saat mengemudi di jalan yang datar yang bisa dibilang hanya butuh teknik untuk mengatur ritme gas dan rem. So, ini dia beberapa teknik menyetir saat ditanjakan untuk kalian.

1. Gunakan Gigi Rendah

Teknik menyetir yang satu ini harus dilakukan saat mulai masuk tanjakan dan kondisi jalanan macet. Kurangi kecepatan dan mulai perhitungkan kemiringan jalanan, jika tidak terlalu terjal, maka Anda dapat tetap menggunakan gigi 2 atau 3 dan menyesuaikan ritme gas serta rem. Sedangkan jika jalanan dirasa cukup terjal, maka pindahkan transmisi ke gigi 1 agar mobil lebih bertenaga dan tidak kehilangan grip saat mobil mendadak mati.

2. Pengereman Tiga Cara

Saat kondisi jalanan ramai di tanjakan dan ternyata Anda harus melakukan pengereman, maka Anda dapat melakukan pengereman dengan tiga cara yaitu dengan rem tangan, rem kaki, dan teknik setengah kopling. Rem tangan dan kaki digunakan saat kendaraan memang benar – benar harus berhenti, sedangkan setengah kopling digunakan saat kondisi jalan tanjakan membuat kendaraan tidak benar – benar harus berhenti. Teknik menyetir dengan Half Clucth Technique memang membutuhkan latihan dan pengalaman serta ketenangan agar tidak panik saat gagal dan mesin mobil tiba – tiba mati.

3. Jaga Jarak

Menjaga jarak sangat penting selain agar kita dapat mengambil ancang – ancang juga sebagai antisipasi jika mobil di depan kita mendadak mundur saat berada di tanjakan. Selain itu, ini juga sebagai tindakan pencegahan dari resiko saat kita salah melakukan kombinasi gas dan kopling yang membuat mobil kita mati dan mundur.

Itulah teknik – teknik menyetir yang dapat kalian terapkan terumata saat menemui jalan menanjak. Tetap tenang dan konsentrasi agar bisa melakukan teknik yang seharunya. Selain itu lengkapi pula perjalanan Anda dengan asuransi kecelakaan yang dapat Anda lihat disini.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.