Hindari Hal Ini Waktu Pensiun Nanti

Waktu pensiun merupakan fase dimana kita harus cukup berhati-hati dalam menggunakan keuangan. Kelemahan banyak orang yang seringkali terulang adalah melakukan beberapa kesalahan dan tidak menghindarinya. Hal ini tentu terkadang menyulitkan dan mengacaukan pengeluaran yang tidak diimbangi dengan pemasukan. Oleh karena itu, simak ulasan di bawah ini agar Anda bisa berusaha menghindari hal-hal berikut.

Tidak Mencoba Investasi

Salah satu persiapan yang seharusnya dilakukan untuk menikmati waktu pensiun nanti adalah investasi. Namun, masih banyak orang yang enggan untuk melakukannya dan malah memilih untuk tidak sama sekali. Alasannya beraneka ragam, mulai dari tidak adanya kemauan untuk mempelajari alat berinvestasi yang baik hingga takut akan resikonya. Sebaiknya, jangan sampai paranoid begitu. Setidaknya harus ada investasi yang dilakukan sedari dini sehingga masa tua nanti dapat terbantu.

Terlalu Banyak Berhutang

Tak sedikit orang yang membiasakan diri untuk berhutang dalam jumlah banyak. Salah satunya adalah dengan kartu kredit. Sebetulnya, kebiasaan ini tidak terlalu baik karena malah akan menyusahkan nantinya. Jadi, biasakan diri Anda untuk tidak berhutang dengan jumlah yang diluar batas sampai tidak dapat membayarnya. Pastikan untuk segera melunasi hutang-hutang Anda sedari dini agar tidak menumpuk waktu pensiun nanti.

Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan

Jika Anda merupakan salah satu orang yang tidak pernah merencanakan keuangan, sebaiknya Anda berhati-hati. Alasannya, tak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk memonitor keuangannya sehingga tidak mengetahui alur pengeluaran yang mereka lakukan. Hal ini dapat berakibat fatal bagi orang tersebut, karena bisa saja keuangan mereka menjadi tidak seimbang dan membuatnya kekurangan. Oleh karena itu, biasakan untuk membuat perencanaan keuangan se-simple mencatat biaya pengeluaran mingguan atau bulanan.

Tidak Terbiasa Menabung

Menabung mungkin terdengar sepele dan merupakan hal kecil bagi beberapa orang. Namun, manfaatnya tentu sangat besar dan dapat dirasakan secara jangka panjang terutama waktu pensiun nanti. Untuk memulainya pun cukup simple, Anda cukup membuka rekening seperti biasa di bank dan menyisihkan uang setiap bulannya. Anda akan merasakan manfaatnya nanti ketika pensiun.

 

Bookmark the permalink.

Comments are closed.