Mengemudi Jarak Jauh Dengan Aman Dan Nyaman

Tak terasa libur lebaran sebentar lagi tiba dan pastinya tradisi mudik yang sudah ditunggu – tunggu oleh masyarakat akhirnya bisa dilakukan lagi. Tiket pesawat, kereta, bahkan bus telah ludes terjual dari jauh – jauh hari. Bagi Anda yang tidak mendapatkan tiket moda transportasi di atas, mungkin dapat menggunakan mobil pribadi Anda untuk pulang ke kampung halaman. Selain dapat meningkatkan harmonisasi antar keluarga, menggunakan mobil untuk mudik juga mempunyai kelebihan tersendiri yang tidak dapat diperoleh saat menggunakan alat transportasi lainnya. Ini dia tips bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk mengemudi jarah jauh.

1. Istirahat Secukupnya

Mengemudi jarak jauh membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Jangan sampai akibat kurang istirahat tubuh Anda jadi lemas dan mengantuk karena dapat menyebabkan hal – hal yang tidak diinginkan. Sebelum berangkat pastikan Anda cukup tidur dan jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat membuat tubuh Anda lemas atau mengantuk. Jika di tengah perjalanan Anda mengantuk, berhentilah dan beristirahat selama setidaknya 2-3 jam agar kondisi badan dan konsentrasi dapat kembali segar.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Selain kondisi fisik Anda, pastikan juga kendaraan yang akan digunakan untuk mengemudi jarak jauh dalam kondisi yang baik. Periksa mulai dari bagian luar seperti kaca spion, ban, oli, air radiator, wiper, dan lampu kendaraan. Setelah itu periksa bagian dalam kendaraan seperti monitor di bagian pengemudi, seatbelt, ac, dan lainnya. Jika ternyata masih ada kekurangan maka segeralah servis dulu kendaraan agar aman dan nyaman selama perjalanan.

3. Bawa Barang Secukupnya

Sangat tidak disarankan untuk mudik dengan kondisi mobil yang sesak dan penuh dengan barang – barang. Untuk itu bawalah barang secukupnya dan pastikan jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas kendaraan agar konsentrasi pengemudi dapat terjaga dan perjalanan juga nyaman.

4. Konsentrasi dan Patuhi Rambu Lalu Lintas

Berkonsentrasilah dan selalu patuhi marka serta rambu lalu lintas yang ada. Ingatlah selalu keselamatan orang yang ada di dalam mobil menjadi tanggung jawab Anda, dan ingat juga bahwa keluarga di kampung halaman sedang menanti.

Nah jangan lupa juga lengkapi perjalanan mudik Anda dengan asuransi kecelakaan yang akan menjamin semua hal jika terjadi kecelakaan di dalam perjalanan.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.