Tips Berkendara Saat Hujan

Hai bikers, kalian sadar gak kalo akhir – akhir ini cuaca di ibu kota dan kota – kota lainnya di Indonesia tidak menentu, kadang panas terik lalu tiba- tiba hujan deras. Nah waktu hujan deras inilah biasanya banyak kecelakaan terjadi yang biasanya disebabkan oleh pengendara yang kurang berhati – hati. Skill berkendara juga nyatanya tidak menjadi jaminan bagi pengendara agar bisa selamat saat mengemudi. Ada beberapa tips berkendara untuk kalian para bikers saat berkendara dalam keadaan hujan, yang semoga dapat membuat perjalanan kalian aman dan selamat sampai tujuan. Nah langsung aja yuk kita lihat tips berkendara saat hujan di bawah ini.

1. Jaga Jarak

Nah tips berkendara yang pertama adalah jaga jarak. Ya, banyak bikers yang merasa sudah jago dengan skillnya dalam mengemudi dan akhirnya lupa akan etika berkendara yang satu ini. Seringkali di jalan kita lihat ada pertengkaran akibat saling senggol antara motor atau mobil karena tidak menjaga jarak aman. Hal ini tentunya sangat berbahaya apalagi saat musim penghujan karena jarak pandang juga semakin pendek. Untuk itu pastikan jarak kalian dengan kendaraan di depan cukup jauh sehingga jika sewaktu –waktu terjadi pengereman mendadak maka tidak akan terjadi benturan.

2. Nyalakan Lampu Utama

Lampu utama berguna agar jarak pandang yang berkurang karena hujan bisa bertambah sehingga bisa mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan. Dengan menyalakan lampu utama, kalian juga membantu pengendara lain untuk melihat posisi kalian.

3. Kurangi Kecepatan

Selain menjaga jarak, kecepatan laju kendaraan juga perlu dikontrol sehingga bisa mengantisipasi hal – hal yang akan terjadi. Jalanan yang licin dan angin kencang yang biasanya muncul saat keadaan hujan,  membuat kalian rawan mengalami kecelakaan seperti tergelincir atau gagal mengerem.

4. Hindari Genangan Air

Tips berkendara yang terkahir ini juga kadang suka disepelekan oleh banyak pengendara. Kalian harus lebih waspada dan lebih baik menghindari saat melihat genangan air. Jika kalian melewati genangan air dan air dari genangan tersebut masuk ke motor, maka dapat menimbulkan kerusakan. Selain itu, bisa jadi genangan tersebut adalah sebuah lubang besar yang dapat membuat pengendara terperosok kedalamnya.

Itulah dia beberapa tips berkendara untuk kalian saat mengemudi di musim hujan. Selain itu lengkapi juga pengalaman berkendara dengan asuransi kecelakaan yang dapat kalian lihat di website ini.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.